Tips Memudarkan Bekas Jerawat

Jerawat bernanah maupun jerawat kecil-kecil, tetap akan meninggalkan bekas jerawat. Efek dari radang jerawat tersebut sehingga lapisan kulit menjadi hitam.

Mari kita baca proses pengobatan untuk  memudarkan bekas jerawat dalam setiap harinya.

Perawatan Awal
Radang kulit karena jerawat adalah satu proses penyembuhan yang normal. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membantu merawat awal bekas jerawat.

Pengungkapan kepada matahari memperlambat proses penyembuhan radang jerawat dan merusak kulit. Jadi penggunaan sunblock yang sesuai sangat penting.

Dokter bisa memberi krim tretinoin untuk mempercepat proses Remodeling kulit. Penggunaan peeling agent seperti AHA (Alpha Hydroxy Acid) yang sesuai juga bisa mempercepat proses Remodeling kulit.

Jangan memijit jerawat atau bekas jerawat. Ini akan mengganggu proses penyembuhan jerawat. Ia juga bisa menyebabkan bakteri yang ada di dalam jerawat menyebar lebih ke dalam kulit. Ini dapat menyebabkan parut jerawat yang lebih dalam terjadi.

Penggunaan krim antioksidan seperti Vitamin C juga membantu memulihkan efek jerawat.

Perawatan Laser
Dengan kemajuan teknologi laser dermatologi / aesthetic, kini perawatan yang paling efektif untuk perawatan bekas jerawat adalah dengan menggunakan laser. Dua jenis laser yang paling efisien adalah laser CO2 (karbon dioksida) atau Erbium Yag.

Kedua laser ini adalah dalam kategori ablative. Ia bermaksud akan meratakan area kulit yang dirawat dengan laser.

Ia juga akan merangsang kulit untuk membentuk kolagen. Ini menyebabkan kulit akan terlihat lebih tegang, efek bekas jerawat kurang dalam dan pori-pori muka terlihat lebih halus. Proses perawatan ini perlu dilakukan beberapa sesi di antara 6 sampai 8 minggu.

Tips Jerawat
Masalah jerawat adalah masalah utama untuk remaja. Masalah ini menjadi lebih rumit ketika remaja mulai mencoba berbagai jenis produk.

1. Amalkan banyak makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi seperti buah-buahan citrus, nenas, kiwi dan anggur. Kebanyakan sayuran juga memiliki antioksidan yang tinggi.

2. Stres juga bisa membuat jerawat tumbuh dengan banyak. Karena itu lakukan aktivitas yang bisa mengurangi stres dan menyehatkan seperti berolahraga.

3. Apa-apa produk yang diletakkan di muka harus bebas minyak, berbasis air dan non-comedogenic (tidak menyumbat pori-pori muka). Gunakan pembersih muka yang sesuai dan jangan mencuci muka dengan sabun mandi.

4. Jika peralatan kosmetik Anda menyebabkan tumbuh whitehead atau blackhead, ganti ke merek lain. Yang terbaik adalah kosmetik berbasis mineral. Kosmetik di muka harus dicuci sebelum tidur.

Perawatan Lain
Perubahan hormon juga bisa menyebabkan jerawat yang parah. Jika langkah-langkah di atas tidak dapat membantu, perawatan seperti antibiotik, chemical peeling, photofacial dan perawatan hormon dapat membantu. Silahkan berkonsultasi kepada ahli kulit.

Parut di muka biasanya disebabkan oleh efek jerawat. Namun ia juga bisa disebabkan efek cedera seperti terbakar atau luka.

Sejauh ini belum ada produk yang bisa merawat efek parut dengan efisien. Jika parut itu tidak dalam, perawatan seperti chemical peeling dan micro-dermabrasion bisa membantu mengurangi masalah parut.

Tetapi jika parut itu dalam dan banyak, pengobatan yang sesuai adalah laser CO2 atau Erbium YAG. Perawatan yang dibutuhkan adalah sebanyak 3 sampai 5 sesi. Perawatan ini adalah yang terbaik untuk masalah parut.

Jerawat di Badan
Untuk merawat jerawat di badan, Anda disarankan untuk mengambil antibiotik yang sesuai seperti Minocycline HCL. Ini bertujuan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat itu bengkak dan sakit.

Selama perawatan antibiotik, Anda perlu menggunakan krim benzoyl Peroxide (seperti merek Oxy) agar pengobatan lebih efektif. Jika jerawat tersebut memiliki blackhead, pengobatan seperti krim tretinoin harus digunakan. Namun Anda dianjurkan bertemu dokter untuk mengidentifikasi pengobatan yang sesuai.

Perawatan Terakhir
Untuk pengobatan terakhir, terdapat 2 jenis laser yang sangat efisien untuk merawat jerawat yaitu Isolaz yang disetujui untuk mengobati jerawat tingkat 1 sampai tingkat 6 dan laser long pulse Nd: Yag. Kelebihan perawatan ini adalah ia sederhana, tidak sakit dan sangat efisien.

No comments:

Post a Comment