Jenis Makanan yang Menimbulkan Jerawat

Beberapa jenis makanan yang menjadikan munculnya jerawat, bagi kulit sensitif akan mudah melahirkan jerawat. Marilah kita memilih makanan dan mengatur jenis makanan yang hendak di konsumsi tiap hari. Bukan berarti tidak memakanan di bawah ini, namun perlu penyeimbangan untuk setiap jenis makanan. Dalam artian dalam sehari, semua jenis makanan di konsumsi dari pagi hingga makan malam semua berjenis gorengan.

Mari kita lihat beberapa jenis makanan yang dapat menimbulkan jerawat.

Makanan yang di goreng
Makanan berlemak dan berminyak berlebih atau mengonsumsi tiap hari tidak sehat untuk kesehatan kulit wajah, sel-sel kulit tidak akan berfungsi dengan baik, sehingga timbullah jerawat dan penyakit kulit lainnya. Jenis makanan gorengan yang paling sering menyebabkan jerawat antara lain: Kentang goreng, Donat, Ayam goreng, Makanan China cepat saji, Mozzarella Sticks dan lain-lain.

Makanan tinggi gula
Selain mampu meningkatkan kadar gula dalam darah, makanan yang mengandung gula dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan berdampak pada penurunan pertahanan tubuh terhadap infeksi bakteri, yang merupakan salah satu penyebab jerawat. Selain itu, gula menyebabkan hilangnya elestisitas jaringan dan fungsi.

Makanan tinggi gula penyebab jerawat adalah Permen, Soda dan Soft drink, Es krim, Coklat,
Biskuit dan Sereal
Makanan yang tinggi karbohidrat
Yang terpenting untuk disadari adalah tubuh manausia membutuhkan hanya sejumlah tertentu dari glukosa agar berfungsi dengan baik. ketika anda makan karbohidrat lebih dari yang tubuh butuhkan, maka masalah kesehatan seperti diabetes dan jerawat dapat terwujud.

Berikut makanan tinggi karbohidrat yang bisa memicu timbulnya jerawat, antara lain: Beras putih, Pasta dan Roti putih

Omega-6 asam lemak
Kelebihan pada konsumsi omega-6 asam lemak dapat menyebabkan peningkatan kemerahan dan peradangan. Hormon pro-inflamasi ini bermanfaat bagi anda, karena membantu untuk melindungi tubuh anda dari bakteri dan virus, namun terlalu banyak hormon ini bisa mengiritasi jerawat, membuatnya menjadi lebih buruk.

Omega-6 asam lemak terdapat pada: Ham Cheeseburger, Daging babi serta olahannya dan Bacon

Caffein
Jika anda penggemar kopi, maka anda harus mulai mengontrol kegemaran “ngopi” anda. selain itu, caffein juga terdapat pada coklat, teh (hitam dan hijau), soda, minuman berenergi dan obat-obatan penghilang rasa nyeri.

Caffein memicu kelenjar adrenalin untuk memproduksi hormon yang berkontribusi pada stress, padahal stress adalah faktor pemicu terjadinya jerawat. Selain itu caffein mengganggu pola tidur anda, sehingga memperburuk jerawat anda.

Produk olahan susu
Studi kesehatan yang dilakukan oleh Harvard University menemukan, remaja yang sering minum susu cenderung memiliki jerawat lebih banyak dibanding mereka yang mengonsumsi susu lebih sedikit.

Perlu penyeimbangan atas terhadap semua jenis makanan, ingat, makanan berlebih di konsumsi dapat menyebabkan penyakit.

No comments:

Post a Comment